Compizconfig Settings Manager

Pertama-tama yang kita lakukan adalah Install compizconfig-settings-manager (ccsm) bisa dari synaptic packet manager atau melalui command terminal
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
setelah terinstall buka compizconfig-setting-manager di menu 'pengaturan' -> 'preferensi'
hal yang pertama kita lakukan yaitu membackup settingan kita sebelum kita mengaktifkan compiz yaitu dengan cara masuk ke bagian preferences pada tampilan compizconfig-settings-manager.​ Di bagian bawah profile klik export dan kemudian simpan. Untuk nama terserah. tunggu proses backup selesai...
setelah membackup sekarang kita memulai mengaktifkan fitur compiz... Selanjutnya karena kita menggunakan distro BlankOn, coba kita kembali lihat kembali ke menu Preferance. pada menu backend pilih ke GConf Configuration Backend, dan pada menu Profil ubah ke blankon (karena kita menggunakan BlankOn) :D.
Disable Plugins
sebelum mengaktifkan compiz nonaktifkan dulu beberapa fiturnya yaitu
  1. Desktop Wall
  2. OpenGL (pilih 'Disable these plugins' ketika kita ditanya akan meng non-aktifkan beberapa plugin too)
  3. Composite
setelah meng nonaktifkan mulailah mengaktifkan fitur compiz..
  1. Composite
  2. OpenGL
  3. Desktop Cube
  4. Rotate Cube
  5. Animations
  6. Enhanced Zoom Desktop
  7. Expo
  8. Fading Windows

pada saat mengaktifkan Plugin akan menyebabkan beberapa konflik kemudian pilih opsi "Resolve Conflicts" pada kotak dialog..
konflik pertama terjadi antara 'Reveal Mode' dan 'Rotate Flip Left' dari 'Rotate Cube'. saya merekomendasikan untuk memilih 'Disable Rotate Flip Left' agar kita tidak menginginkan terjadi crash.
konflik berikutnya terjadi pada 'Gnome Compatibility Plugin'. Saya merekomendasikan untuk memilih 'Disable Show Main Menu' .
kemudian ada pilihan kotak dialog lagi. Pilih 'Disable Run Dialog' .
Logout / Restart GDM
Jika semua proses berjalan lancar, kamu sudah selesai menyetting cube. tekan Ctrl + Alt + F1 untuk masuk tty1 screen dan login menggunakan username kamu. Sekarang ketikan perintah ini...
Kutip:
sudo service gdm restart

Sekarang kamu dapat melihat Desktop kamu dengan fitur cube
Setting Jumlah Desktop
sekali lagi, tekan ccsm dan masuk ke 'General Options' di pilihan atas jendela. Pilih 'Desktop Size' kemudian ubah 'Horizontal Virtual Size' menjadi 4 dan 'Vertikal Virtual Size menjadi 1 agar cube anda sempurna. Sebenarnya anda bisa menyeting lebih dari 4 sesuai kebutuhan dan selera.
Klik untuk menampilkan... (size)

sekarang anda bisa mulai meng-Oprek BlankOn anda.
Untuk lebih baiknya backup dulu yoh...kalo2 terjadi konflik lagi...

0 Response to "Compizconfig Settings Manager"

Posting Komentar